Langsung ke konten utama

Ten Rules of Studying (How The Good and Bad Studying)

Hello gaes :)
Welcome to my Blog. 
You want to know how to studying effectively ?
Here I want to share ten rules of studying. I translate it from Barbara Oakley 2014, excerpted from A Mind for Numbers: How to Excel in Math and Science (Even if You
Flunked Algebra), Penguin, July, 2014. I wish after you read this you will know how the good study ways. Happy reading ! and don't forget to write your comment or critical for my blog :)
Okey, let check this out ^^

Sepuluh Cara Belajar dengan Baik
1.       Mengingat kembali. Setelah membaca, telaah dan mengingat-ngingat kembali ide pokok dari apa yang dibaca. Tandai apa yang terlintas dipikiranmu ketika mengingat kembali, jangan tandai apa yang tidak kamu pikirkan ketika mengingat kembali. Coba ingat kembali apa yang kamu baca di  ruangan berbeda dari tempat awal kamu belajar, misalkan ketika berjalan ke kelas. Kemampuan mengingat kembali dan menyimpulkan dalamnsesuatu yang umum pada diri sendiri merupakan salah satu kunci dari belajar yang baik.
2.       Test kemampuanmu sendiri ! Tes kemampuanmu dalam hal apapun, kapanpun. Catatan kecil adalah temanmu.
3.       Pecahkan masalahmu ! Memecahkan disini dengan memahami dan mempraktikan dengan solusi masalah, jadi pemecahan masalah dengan cepat datang ke pikiranmu. Setelah kamu pecahkan, latih lagi. Pastikan kamu dapat memecahkannya dengan setiap cara. Anggap saja seperti lagu dan belajar untuk memainkannya terus menerus, jadi kombinasi dari setiap pemecahan menjadi mulus dan kamu dapat mengeluarkannya kapanpun kamu mau.
4.       Beri jarak pada setiap pengulangan. Kembangkan apa yang kamu pelajari di pelajaran lain sedikit demi sedikit setiap harinya. Sama halnya dengan atlet. Otakmu seperti otot, hanya dapat menangani suatu tugas dalam jumlah yang terbatas pada satu waktu pelajaran.
5.       Memikirkan alternatif tehnik perbedaan pemecahan masalah  selama praktik. Jangan pernah belama-lama menggunakan satu pemecahan masalah dalam setiap praktik, karena kamu hanya meniru apa yang kamu kerjakan sebelumnya. Kombinasikan dan kerjakan menggunakan cara yang berbeda. Ini dapat melatih dua hal yakni saat bagaimana dan kapan tehnik itu kamu lakukan. (umumnya buku tidak terancang seperti ini, kamu harus melakukannya sendiri). Setelah mengerjakan beberapa tugas dan tes , kembali perhatikan kesalahan yang telah kamu lakukan, analisis mengapa kamu dapat melakukan kesalahan, dan kerjakakan lagi. Untuk pembelajaran yang maksimal, tulislah (jangan diketik) masalah pada satu sisi catatan kecil dan solusinya disisi lainnya. (Menulis dapat membangun ingatan yang lebih kuat daripada mengetik). Kamu dapat memotret apa yang kamu tulis jika ingin memasukannya ke dalam aplikasi belajar di smartphonemu. test kemampuanmu secara acak dan dalam masalah yang berbeda. Salah satu caranya yakni dengan membalikan bukumu secara acak , pilih masalahmu dan lihat apakah kamu dapat menyelesaikannya dengan keras.
6.       Berikan jeda. Suatu hal yang biasa ketika kamu tidak dapat menyelesaikan suatu permasalahan maupun untuk menemukan konsep matematika ataupun sains apa untuk menyelesaikannya. Dan inilah mengapa belajar setiap hari meskipun sebentar lebih baik dari belajar banyak namun sekali. Ketika kamu frustasi terhadap matematika atupun permasalahan sains lainnya, istirahat atau berikan jeda jadi bagian otakmu yang lain dapat mengambil alih dalam berfikir dan bekerja dibelakang.
7.       Gunakan kalimat Tanya penjelasan dan analogi sederhana. Kapanpun kamu berjuang dengan konsep, renungkan bagaimana saya akan menjelaskan ini kepada anak umur sepuluh tahun sehingga ia dapat mengerti? Menggunakan analogi ini sangat membantu, seperti dengan mengatakan aliran listrik sama halnya dengan aliran air. Upaya tambahan berbicara dan menulis memungkinkanmu lebih dalam menyandikan (yaitu, mengkonversi ke dalam struktur memori saraf) apa yang kamu pelajari. 
8.       Fokus. Matikan semua suara dan alarm yang menggangu pada telepon dan komputermu, dan nyalakan timer selama 25 menit. Fokuslah dengan sungguh-sungguh untuk 25 menit itu dan cobalah bekerja sedisiplin mungkin. Setelah waktu itu berlalu, berikan dirimu penghargaan kecil yang menyenangkan. Beberapa dari sesi ini setiap harinya dapat meningkatkan  kemampuan belajarmu. Cobalah untuk mengatur waktu dan tempat untuk belajar tanpa melihat telepon atau komputermu yang biasanya kamu lakukan.
9.       Selesaikan yang sulit dahulu. Selesaikan yang paling susah dahulu diawal ketika kamu merasa segar.
10.   Membuat pemikiran yang berbeda. Bayangkan dimana kamu berada dan bandingkan dengan mimpi diamana kamu belajar akan membawamu. Pasang gambar atau kata dalam lembar kerjamu untuk mengingatkanmu akan mimpimu. Lihatlah itu ketika motivasimu mulai menurun. Pekerjaan ini akan membuahkan hasil untukmu dan orang yang kamu cinta.
















Sepuluh Cara belajar yang Buruk

1.       Membaca kembali dengan pasif. Duduk dengan pasif dan membiarkan matamu membaca kembali setiap halaman. Kecuali kamu dapat membuktikan materinya dapat berpindah ke dalam otakmu dengan mengingat  ide pokok tanpa melihat halaman, membaca kembali sangat membuang waktu.
2.       Memberi tanda pada teks secara berlebihan. Menandai sesuatu yang penting dalam suatu teks dapat membodohi  pemikiranmu dalam berfikir mengenai sesuatu yang tengah kamu masukan dalam otakmu, ketika kamu benar-benar melakukan perpindahan tangan. Sedikit penanda disini dan disana baik, terkadang itu dapat membantu dalam menandai  hal-hal penting. Tetapi jika kamu menggunakan penanda sebagai alat pengingat pastikan bahwa apa yang kamu tandai juga masuk dalam otakmu.
3.       Hanya memandang pada solusi dari permasalahan dan berfikir kamu tau cara menyelesaikannya. Ini adalah salah satu hal yang paling buruk siswa lakukan ketika belajar. Kamu perlu untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan langkah demi langkah tanpa melihat solusinya.
4.       Menunggu hingga menit terakhir untuk belajar. Dapatkah kamu memaksakan pada menit terakhir jika kamu berlatih untuk suatu pertandingan lari? Otakmu sama seperti otot, hanya dapat menangani suatu tugas dalam jumlah yang terbatas pada satu waktu pelajaran.
5.       Mengulang pemecahan masalah denga tipe yang sama dan kamu telah mengetahui cara menyelesaikannya. Jika kamu hanya duduk dan menyelesaikan permasalahan yang sama selama praktikmu, kamu sebenernya tidak mempersiapkan sebuah tes, itu sama halnya dengan mempersiapkan permainan besar bola basket dengan mempraktikan cara mendribel bola.
6.       Membiarkan sesi belajar kelompok menjadi sesi berbincang. Mengecek penyelesaian masalah dengan teman, dan memberi pertanyaan kepada lainnya tentang apa yang kamu tau, dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, mengetahui kelemahanmu dalam berfikir, dan memperdalam belajarmu. Akan tetapi jika sesi belajar kelompokmu menjadi menyenangkan sebelum pekerjaanmu selesai , kamu hanya membuang-buang waktu dan sebaiknya mencari kelompok belajar lainnya.
7.       Melalaikan untuk membaca buku sebelum kamu memulai mengerjakan masalah. Maukah kamu menyelam kedalam kolam sebelum kamu tau bagaimana cara berenang ? bukumu adalah tentor renangmu, yang membimbingmu untuk menjawab. Kamu akan tergelepar dan membuang-buang waktumu jika kamu tidak membacanya. Sebelum kamu memulai untuk membacanya, bagaimanapun pandang sekilas pada bab atau bagian untuk mendapatkan gambaran mengenai apa yang akan dipelajari.
8.       Tidak mengecek dengan tentormu ataupun teman kelasmu untuk menjelaskan hal yang dibingungkan. Guru bertugas untuk untuk membimbing siswanya, itu pekerjaan kita untuk menolongmu. Siswa yang kami khawatirkan adalah siswa yang tidak datang. Janganlah menjadi salah satu siswa tersebut.
9.       Berfikir kamu dapat belajar lebih dalam ketika kamu seringkali merasa kebingungan. Setiap kamu terganggu dengan sesuatu yang kecil seperti pesan instan maupun perbincangan menandakan kemampuan otakmu telah berkurang untuk tekun dalam belajar. Setiap sentakan yang menggangu perhatianmu dapat mengeluarkan serabut saraf kecil sebelum dia dapat tumbuh.
10.   Tidak tidur secukupnya. Sel –sel otakmu bersama-sama dalam memecahkan masalah ketika kamu tidur, dan juga mempraktikan dan mengulang apapun yang sudah kamu pikirkan sebelum kamu tidur. Lelah yang berkepanjangan dapat meningkatkan toksin di otak yang menggangu hubungan syaraf fikiranmu dalam berfikir cepat dan baik. Jika kamu tidak memiliki tidur yang baik sebelum tes , APAPUN YANG TELAH KAMU LAKUKAN TAK AKAN BERGUNA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

22th

Ueemm, well.. Happy Birth Day to Mine! 😊😘

SEA-Teacher Day 28

Saturday, 2nd September 2017 the departures day. My flight is at 11.15 so I become the second batch to be sent by Adjan Maew. The first batch is Herni, Dea, Dyan, Lynard, and Vincent because of their flight around 08.00 a.m. Kru Noina comes to sent Herni to the airport while the other buddies also come to send us. After sent the first batch to their van we went to the Seven-Eleven to buy some breakfast. I met Ling-ling (Mandarin teachers from China who lived upstairs our room). We just hugging each other and say goodbye. Around 09.15 a.m Adjan Maew pick us up and Khickmah joins us to the airport because she is the only one left in the dorm. I entered the waiting room around 10.15 unfortunately, my power bank was taken by the staff and also my drinks T.T Difference with my friends Wike the milk and power bank has more capacity but hers not being taken away. I thought it's my bad luck today –, Wefie with the first batch for departure Herni and I while waiting for the Van

SEA-Teacher Program Day 25

Wednesday, 30th August 2017 today I exactly don’t know that we have a farewell in school so I never prepare anything. I just prepare the speech for the students and the teachers. At the moment the school give both me and Herni some gifts and certificate. Thats was precious for us, kop khun kha Kun Kru  I give speech to the students Director hand the certificate for me Director hand the certificate for Herni Kru niw hand the photograph for me Administration staff hand me the gift from school The director has a speech Me with the certificate Kru Ee, Me, Herni and Kru Niw took the picture together In the afternoon kru Ee treat me the foods in KFC and you know we also want to to KFC for dinner with teachers in Pre-School. Lol. Today will gonna be chicken day :p I don’t have something to do just preparing some sticker for my students tomorrow. In break session after lunch my students come to see me and told me to stay here. So I just hug her and th