Langsung ke konten utama

Pandemi dan Perjalanan Melek Keuangan Part 1

Hai semua, gakerasa sekarang sudah berganti tahun dengan keadaan yang masih jauh dari kata aman. Pandemi ini masih belum memperlihatkan tanda-tanda akan berakhir dan beberapa orang sudah mulai bosan melakukan aktivitas di rumah. Tentunya banyak rencana-rencana kita yang tertunda akibat keterbatasan ruang gerak. Namun bukan berarti kita tidak berkembang bukan? Saya melihat akibat pandemi ini beberapa orang memiliki hobi baru untuk dilakukan selama #dirumahaja. Contoh saja beberapa orang terdekat saya mulai belajar bercocok tanam, merajut bahkan mereka mengupgrade ilmu dengan mengikuti beberapa webinar-webinar gratis. Saya pun tidak mau ketinggalan dong, yupp.. sekarang hobi saya bertambah dengan menonton YouTube XD hehehee.. Sepele sih, tapi dari sanalah sekarang saya melek "Finansial" (credit goes to Ussy and Andika for their content with Raditya Dika. You can watch it here ). 

Sedikit cerita di konten tersebut Raditya Dika berbagi informasi mengenai bagaimana ia menjalin hubungan sehat dan dewasa (dewasa dalam artian positif ya), mempersiapkan dana untuk menikah bahkan pendidikan anak semenjak ia berusia 22 tahun (MUDA BANGET COYY!!!). Gilasih! Saya umur segitu baru mikir habis kuliah mau ngapain? belum sejauh Radit woy -__-. Anyway, thanks to Radit untuk menampar saya dengan pemikirannya yang super visioner! hehehe..   Radit beralasan menyiapkan dana tersebut sedini mungkin untuk menghindari konflik pasangan yang umumnya dikarenakan kondisi ekonomi yang kurang (hasil research yang dilakukan Radit). Untuk poin itu saya setuju sih, karena beberapa kali menemukan orang sekitar yang  mengalami kekurangan ekonomi berakibat cek-cok hingga kemudian berpisah. Singkat cerita saya jadi kepo nih gimana sih cara Radit mempersiapkan itu semua, sehingga saya mulai  mengulik vidio-vidio di youtube Radit dan menemukan metode yang ia gunakan untuk mempersiapkan dana untuk berkeluarganya yakni dengan investasi. Dari situ mulai deh saya nyari informasi mengenai macam-macam investasi dan cara melakukan investasi. 

Ada beberapa sumber yang saya gunakan diawal-awal ketika belajar mengenai investasi salah satu yang paling gampang yaitu dengan memanfaatkan akun social-media saya seperti instagram dan youtube. Saya mulai memfollow beberapa akun IG yang sering membahas mengenai pengelolaan keuangan diantaranya yakni: @gatherich, @ferdiedarmawan, dan @feliciaputritjiasaka. Kalau kalian, udah follow siapa ajanih? Boleh dong minta rekomendasinya :D sedangkan youtube saya cenderung menonton Raditya Dika dan Felicia Putri Tjiasaka karena pembawaannya asik dan cukup mudah dipahami bagi pemula seperti saya.

Setelah research dan membaca-membaca mengenai berbagai macam jenis investasi ternyata saya termasuk golongan investor moderat. Mengetahui tipe investor jenis apa ini sangat penting bagi pemula untuk memilih jenis investasi apa yang akan kita gunakan. Kalian bisa membaca lebih lanjut mengenai tipe investor di sini. Meskipun termasuk tipikal moderat, sebagai investor pemula saya memulai perjalana investasi dengan memilih melakukan investasi emas di pegadaian. Pemilihan pegadaian sebagai tempat berinvestasi perdana diantaranya karena saya cukup familiar dengan lembaga ini sejak kecil. Jadi yaa, cari aman dulu bos pake yang ada label "pemerintahnya", hehe. 

To Be Continue...

Ok, sekian dulu pengantar perjalanan melek keuangan saya bagian pertama. Next insyaAllah saya mau bahas bagaimana perjalanan menabung emas saya, hehe. Semangat teman-teman pejuang Financial Freedom!!

Kritik, saran, komentar ataupun pertanyaan bisa langsung di drop pada kolom komentar ya! Wish you enjoy my financial journey :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

22th

Ueemm, well.. Happy Birth Day to Mine! 😊😘

SEA-Teacher Day 28

Saturday, 2nd September 2017 the departures day. My flight is at 11.15 so I become the second batch to be sent by Adjan Maew. The first batch is Herni, Dea, Dyan, Lynard, and Vincent because of their flight around 08.00 a.m. Kru Noina comes to sent Herni to the airport while the other buddies also come to send us. After sent the first batch to their van we went to the Seven-Eleven to buy some breakfast. I met Ling-ling (Mandarin teachers from China who lived upstairs our room). We just hugging each other and say goodbye. Around 09.15 a.m Adjan Maew pick us up and Khickmah joins us to the airport because she is the only one left in the dorm. I entered the waiting room around 10.15 unfortunately, my power bank was taken by the staff and also my drinks T.T Difference with my friends Wike the milk and power bank has more capacity but hers not being taken away. I thought it's my bad luck today –, Wefie with the first batch for departure Herni and I while waiting for the Van

SEA-Teacher Program Day 25

Wednesday, 30th August 2017 today I exactly don’t know that we have a farewell in school so I never prepare anything. I just prepare the speech for the students and the teachers. At the moment the school give both me and Herni some gifts and certificate. Thats was precious for us, kop khun kha Kun Kru  I give speech to the students Director hand the certificate for me Director hand the certificate for Herni Kru niw hand the photograph for me Administration staff hand me the gift from school The director has a speech Me with the certificate Kru Ee, Me, Herni and Kru Niw took the picture together In the afternoon kru Ee treat me the foods in KFC and you know we also want to to KFC for dinner with teachers in Pre-School. Lol. Today will gonna be chicken day :p I don’t have something to do just preparing some sticker for my students tomorrow. In break session after lunch my students come to see me and told me to stay here. So I just hug her and th