Langsung ke konten utama

Tips dan Tri Mendongeng untuk Pemula by Yuyun Setiawati

Assalamu'alaikum wr wb

Hai semuanya, semoga selalu dalam keadaan sehat ya. 

Kali ini saya pengen sharing beberapa ilmu yang saya dapatkan pada saat mengikuti Pelatihan Mendongeng yang diadakan oleh Literasi Lumbung Lombok (3L). Tepatnya pada Sabtu, 13 Maret 2021 di Kantor ACT NTB 3L mengadakan pelatihan mendongeng untuk meningkatkan kapasitas relawan yang dibersamai oleh pendongeng hebat NTB Yuyun Setiawati, S. Pd. Gr. Beliau merupakan alumni GGD SM3-T yang ditempatkan di NTT, guru Bahasa Indonesia di SMPN 2 Praya Barat Daya dan pendongeng aktif. 

Menurut Kak Yuyun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang pendongeng pemula diantaranya:

1. Membaca dengan suara nyaring, artinya ketika bercerita pendongeng harus besuara nyaring. Dalam KBBI membaca dapat diartikan dengan melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis, mengeja atau melafalkan apa yang tertulis, ataupun mengucapkan. Sedangkan kata nyaring dalam KBBI diartikan dengan keras, tinggi dan terang (tentang suara dan bunyi) ataupun lantang. Dari dua pengertian tersebut dapat ditarik simpulan bahwa membaca nyaring merupakan kegiatan melafalkan sesuatu dengan suara yang keras, tinggi dan lantang. Bercerita dengan suara yang lantang salah satunya bertujuan untuk menarik perhatian anak-anak fokus pada suara pendongeng.

2. Intonasi suara harus diperhatikan, jangan tergesa-gesa atau terlalu cepat. Seorang pendongeng yang baik harus pandai memainkan dinamika emosi dengan cara memperhatikan intonasi suara. Tidak perlu terburu-buru, sesuaikan intonasi dengan emosi yang diceritakan. Perhatikan volume besar kecilnya suara dengan suasanan cerita.

3. Pelafalan atau artikulasi kata harus jelas. Artikulasi yang jelas sangat penting dalam mendongeng agar para audiens dapat mengetahui kata yang diucapkan sehingga dapat memaknai cerita dengan jelas.

4. Jika memungkinkan setiap tokoh dalam cerita disuarakan berbeda, akan tetapi jika tidak memungkinkan maka bisa memanfaatkan mimik muka ataupun gesture tubuh untuk membedakan narator dan para tokoh-tokohnya. Gesture ini dapat berupa arah pandangan (contoh: hadap kiri atau kanan) ataupun ciri khas dari tokoh-tokoh yang diceritakan.

5. Jika mungkin, libatkan anak-anak terlibat dalam cerita. Melibatkan anak-anak ataupun audiens ini dapat meningkatkan fokus dan mempererat emosi antar pendongeng dan audiens seakan-akan mereka seperti diajak masuk ke dalam cerita yang kita bacakan. Salah satu contoh yang dapat diterapkan yaitu dengan melempar pertanyaan tentang kemumgkinan alur yang mungkin terjadi dalam dongeng tersebut.

Diakhir sesi Kak Yuyun meminta setiap peserta untuk praktek mendongeng dengan mewajibkan mereka bercerita dalam kurun waktu 1 menit. Meskipun saya tidak bisa menyelesaikan cerita saya dalam waktu tersebut, setidaknya feedback yang diberikan Kak Yuyun dapat saya jadikan acuan untuk memperdalam iilmu mendongeng saya. Terakhir, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Yayasan 3L yang telah memfasilitasi kami untuk bertumbuh😊 

Berikut saya cantumkan link kompilasi #mendongeng1menit peserta pelatihan mendongeng Yayasan 3L: Fun Story Telling. Silahkan kalian bisa berikan komentar, kritik dan saran ya tentang penampilan saya disini. 

Semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat ya :) Thx!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

22th

Ueemm, well.. Happy Birth Day to Mine! 😊😘

SEA-Teacher Day 28

Saturday, 2nd September 2017 the departures day. My flight is at 11.15 so I become the second batch to be sent by Adjan Maew. The first batch is Herni, Dea, Dyan, Lynard, and Vincent because of their flight around 08.00 a.m. Kru Noina comes to sent Herni to the airport while the other buddies also come to send us. After sent the first batch to their van we went to the Seven-Eleven to buy some breakfast. I met Ling-ling (Mandarin teachers from China who lived upstairs our room). We just hugging each other and say goodbye. Around 09.15 a.m Adjan Maew pick us up and Khickmah joins us to the airport because she is the only one left in the dorm. I entered the waiting room around 10.15 unfortunately, my power bank was taken by the staff and also my drinks T.T Difference with my friends Wike the milk and power bank has more capacity but hers not being taken away. I thought it's my bad luck today –, Wefie with the first batch for departure Herni and I while waiting for the Van

SEA-Teacher Program Day 25

Wednesday, 30th August 2017 today I exactly don’t know that we have a farewell in school so I never prepare anything. I just prepare the speech for the students and the teachers. At the moment the school give both me and Herni some gifts and certificate. Thats was precious for us, kop khun kha Kun Kru  I give speech to the students Director hand the certificate for me Director hand the certificate for Herni Kru niw hand the photograph for me Administration staff hand me the gift from school The director has a speech Me with the certificate Kru Ee, Me, Herni and Kru Niw took the picture together In the afternoon kru Ee treat me the foods in KFC and you know we also want to to KFC for dinner with teachers in Pre-School. Lol. Today will gonna be chicken day :p I don’t have something to do just preparing some sticker for my students tomorrow. In break session after lunch my students come to see me and told me to stay here. So I just hug her and th